DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CERDIK
PENGARANG:RUSLINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


Ruslinda, 2021. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada  Muatan PPKn Dengan Menggunakan Model Cerdik. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Asrani, M.Pd.

 

Kata Kunci      : Aktivitas dan hasil Belajar Siswa, Contextual, Number Head Together, dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, karena siswa tidak mampu berfikir kritis, tidak antusias, dan tidak siap dalam mengemukakan pendapat sehingga mengakibatkan nilai hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 60. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Cerdik (Contextual, Number Head Together, dan Talking Stick). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 1 Padang Luas tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian  ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian data ini menggunakan kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan presentase..

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 38%, pertemuan II mencapai 53%, pertemuan III mencapai 69%, dan pertemuan IV mencapai 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual, Number Head Together, dan Talking Stick. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 7 materi “Keberagaman di Indonesia” di kelas IV SDN 1 Padang Luas dan  hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI