DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI PULAU PINUS II DESA TIWINGAN BARU KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:CHAHYO AGUNG WIBOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


Chahyo Agung Wibowo (2021), Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Pulau Pinus II Desa Tiwingan Baru Kabupaten Banjar. Pembimbing Dr. Noor Rahmini, SE, ME.

      Penelitian bertujuan agar mengetahui (1) bagaimana bentuk partisipasi masyarakat di obyek wisata pulau pinus II., (2) strategi pengembangan pariwisata., dan (3) penerapan CBT yang sesuai dengan strategi pengembangan pariwisata.

      Peneliti menggunakan metode diskriptif dan analisis swot menggunakan 6 responden yang dianggap berperan penting dan berpengaruh terhadap obyek wisata pulau pinus II.

      Hasil dari penelitian menunjukan partisipasi masyarakat berupa jaga karcis retribusi, transportasi kapal, pembersihan, pengelolaan kegiatan tahunan, dan pembuatan souvenir. strategi pengembangan yang tercipta yaitu strategi S-O (1) Membuat atraksi atau wahana baru untuk dapat mengoptimalkan potensi keindahan alam obyek wisata sehingga membuat lebih banyak wisatawan ingin berkunjung, tidak hanya pada saat hari libur. (2) Melakukan promosi melalui sosial media atau pembuatan spanduk  sehingga meningkatkan potensi wisatawan domestik atau mancanegara untuk berkunjung dan  mengetahui tentang obyek wisata, penerapan CBT yang dapat dilakukan yaitu melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan melakukan pemberdayaan masyarakat.

     

Kata Kunci: SWOT, Pengembangan, Pariwisata Berbasis Masyarakat,Strategi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI