DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL THINK SHARE EXAMPLE MATCH DI SDN SUNGAI JINGAH 7 BANJARMASIN
PENGARANG:ELVA NAZARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


Nazariah, Elva. 2021.Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Tema Ekosistem menggunakan Model Think Share Example Match pada Siswa Kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Example non Example, Make a  Match, IPA tema

                    Ekosistem

 

Permasalahan pembelajaran yang terjadi di SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin siswa masih belum terlihat aktif saat pembelajaran, model yang digunakan masih konvesional, pembelajaran masih berpusat pada siswa (students centered). Kondisi ini menyebabkan hasil belajar khususnya tema ekosistem menjadi rendah. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Think Share Example Match. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran Think Share Example Match.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin yang berjumlah 10 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru dengan ktiteria sangat baik dan ktiteria aktivitas siswa sangat aktif, dan tercapainya ketuntasan belajar (KKM) individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terlaksana dengan kriteria sangat baik. (2)Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan menjadi mayoritas sangat aktif. Secara klasikal dari 6 aspek yang diamati juga rata-rata meningkat.(3) Pembelajaran dengan menggunaka model pembelajaran Think Share Example Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kesimpulan penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran Think Share Example Match sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun individual. Saran hendaknya guru mengurangi dominasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Diharapkan kepada guru untuk menjadikan model pembelajaran Think Share Example Match ini sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran untuk materi lainnya. Kepala Sekolah perlu mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Kepada peneliti, hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan masukan dan pengalaman yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran di sekolah.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI