DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGATION, KINESTHETIC, THROWING DI KELAS IV SDN SUNGAI TABUK BALANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD ABDUL RASYAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


 

 

Rasyad, Muhammad Abdul. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Gaya dan Gerak Menggunakan ModelInvestigation,Kinesthetic,Throwingdi Kelas IV SDN Sungai Tabuk Balangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Group Investigation, Visual, Auditory, Kinesthetic, SnowballThrowing.

 

 

 

            Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, dan pembelajaran kurang menarik dan bermakna bagi siswa. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran muatan IPA materi gaya dan gerak. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi model Group Investigation(GI), Visual, Auditory, Kinesthetic(VAK), dan SnowballThrowing. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan dan hasil belajar.

 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SDN Sungai Tabuk Balangansebanyak empat kali pertemuan dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dengan tes evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 28 dengan kriteria baik, pertemuan II memperoleh skor 30 dengan kriteriasangat baik, pertemuan III memperoleh skor 33 dengan kriteria kriteria sangat baik, dan pertemuan IV memperoleh skor 36 dengan kriteria kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperolehpersentase klasikal 25% dengan kriteria kurang aktif, pertemuan II memperoleh persentase klasikal 91,67% dengan kriteria sangat aktif, pertemuan III memperoleh persentase klasikal 100% dengan kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV memperoleh persentase klasikal 100% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 41,67%, pertemuan II memperoleh 75%, pertemuan III  memperoleh 83,33%, pertemuan IV memperoleh 91,67%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran muatan IPA materi gaya dan gerak dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation(GI), Visual, Auditory, Kinesthetic(VAK), dan SnowballThrowingdapat meningkatkan dari segi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Sungai Tabuk Balangan. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI