DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN VARIASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), MIND MAPPING, DAN SNOWBALL THROWING DIKELAS IV SDN KAPUH DARAT
PENGARANG:SITI MARIZNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-26


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam pembelajaran pada tema 9, berkaitan tentang Keberagaman Karakteristik Individu. Hal ini disebabkan karena pada saat pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang tidak mengerti dengan arahan dan penjelasan guru dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan variasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Mind Mapping dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kapuh Darat.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenisPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yang masing?masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Kapuh Darat semester 2 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 orang siswa. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individual. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.H

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh skor 20 dan pada siklus II mencapai skor 28 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas Siswa Secara Klasikal pada Siklus I memperoleh 75% dan meningkat pada Siklus II menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 75% dan pada Siklus II mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan variasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Mind Mapping dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penelitian ini sebagai alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran PKN materi Keberagaman Karakteristik Individu untuk meningakatkan hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI