DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN UJUNG BARU TANAH LAUT
PENGARANG:AYU FARADITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-26


Faradita, Ayu. 2021. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran Menggunakan Model Course Review Horay dan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Ujung Baru Tanah Laut” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M. Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Course Review Horay, Eksperimen.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Ujung Baru Tanah Laut yang disebabkan karena siswa kurang dilibatkan secara langsung dan melakukan percobaan dalam proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir ilmiah siswa kurang berkembang, pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa jarang diarahkan untuk berkolaborasi (kelompok). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan model Course Review Horay dan metode Eksperimen. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Course Review Horay dan metode Eksperimen.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dan setting penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Ujung Baru Tanah Laut dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dianalisis dari hasil observasi dan tes evaluasi siswa yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, dengan indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai skor ≥30 kriteria “sangat baik”. Sedangkan indikator keberhasilan aktivitas siswa secara klasikal ≥80% kriteria “sebagian terbesar aktif”, dan hasil belajar siswa ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I hingga siklus II, perolehan aktivitas guru pada siklus I skor 28 dengan kiteria “baik” dan siklus II memperoleh skor 33 dengan kriteria “sangat baik”. Kemudian aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I 72%  dengan kriteria “sebagian besar aktif” menjadi 96% dengan kriteria “sebagian terbesar aktif” pada siklus II. Pada hasil belajar siswa secara klasikal siklus I sebesar 68% menjadi 96% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Ujung Baru dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar menggunakan model Course Review Horay dan metode Eksperimen telah terlaksana dengan sangat baik, sehingga hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI