DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI INKUIRI COURSE MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN SN PEMURUS BARU 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ASNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-26


Asni.2021Meningkatkan Aktifitas dan hasil BelajarPada Muatan IPA Materi Sumber Energi Dengan Kombinasi Model Inkuiri Course Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN SN Pemurus Baru 2 BanjarmasinSkripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Radiansyah, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, IPA, Sumber Energi ,Inkuiri TerbimbingMind Mapping,dan Course Review Horray.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN SN Pemurus Baru 2 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Sumber dengan menggunakan Kombinasi Model Inkuiri TerbimbingMind Mapping (MM)dan Course Review Horray (CRH).

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN SN Pemurus Baru 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indicator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari pertemuan 1 skor 34 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 51 kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 7,41% kriteria “kurang aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 29, 63% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96,30%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai ketuntasan secara individumaupun klasikal  menggunakan kombinasi  model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM)dan Course Review Horray (CRH) pada materi Sumber Energi.Hasil penelitian ini dapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran IPA Sumber Energi di kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI