DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI INKUIRI COURSE MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN SN PEMURUS BARU 2 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ASNI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-26 |
Asni.2021. Meningkatkan Aktifitas dan hasil BelajarPada Muatan IPA Materi Sumber Energi Dengan Kombinasi Model Inkuiri Course Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN SN Pemurus Baru 2 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Radiansyah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, IPA, Sumber Energi ,Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping,dan Course Review Horray.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN SN Pemurus Baru 2 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sumber dengan menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM), dan Course Review Horray (CRH).
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN SN Pemurus Baru 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indicator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari pertemuan 1 skor 34 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 51 kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 7,41% kriteria “kurang aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 29, 63% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96,30%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individumaupun klasikal menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM), dan Course Review Horray (CRH) pada materi Sumber Energi.Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA Sumber Energi di kelas IV.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI