DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDY EKSPERIMENTAL SIFAT MEKANIS DAN PERILAKU TEMPARATUR DENGAN TEKNOLOGI BETON PRALETAK UNTUK BETON MASSA
PENGARANG:LOONG SYEH DANIEL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


ABSTRAK

 

Studi Eksperimental Sifat Mekanis dan Perilaku Temperatur denganTeknologiBeton Praletak untuk BetonMassa

 

Lo’ong Syeh Daniel1720828310024

 

Dr.Nursiah Chairunnisa,S.T.,M.Eng.

 

 

BetonMassaadalahbetonyangdituangkandalamvolumebesar,yaituperbandingan antara volume dan luas permukaan besar, biasanya dianggap betonmassa jika dimensinya lebih dari 60 cm (Tjokrodimulyo, 2007). Permasalahanutama dalam pengecoran beton massa adalah thermal cracking yang terjadi olehproses kimia semen yaitu Hidrasi. Penggunaan fly ash pada mix desain adalahsalahsatusolusipencegahanterjadinyathermalcrackingpadabetonmassa,karena memiliki sifat pozzolan dan dapat bereaksi dengan kapur pada suhu ruangdenganmediaairdanmembentuksenyawayangmengikat.Selainitusolusilainnyaadalah metodepengecoran dengan metode beton praletak.

Padapenelitiandilakukanpengujianterhadapperilakutemperaturdansifatmekanisbetonmassamenggunakanteknologibetonpraletakdenganflyashsebagaipenggantisebagiansemen.TigabuahBendaujibetonmassaberukuran0,6x0,6x0,6m³digunakandalampenelitianini.Komposisiperbandingancampuran adalah faktor air semen 0,4 - s/p 1:0,75, Viscocrete 1003 0,7% danpersentase fly ash terhadap berat semen pada campuran beton praletak sebesar 5%dan15%.

Untuktemperaturmaksimumbetonmassametodekonvensionaltanpapenggunaanflyashadalah20,8?C.Persentasepenurunantemperaturbetonmassametodepraletakpengunaan fly ash 5% dan 15% secara berurutan yaitu 40% dan 44% terhadap temperaturbetonmassametodekonvensional.Sifatmekanisterhadapkuattekansilinderbetonmetode praletak pada umur 28 hari dengan fly ash 5% dan 15%, mengalami peningkatan23% dan persentase terhadap kuat tarikadalah 19% dan 14%. Untuk analisis hasil ujikuattekanbetonintimetodedestruktif(coredrill)denganpersentaseperbedan


89% dan 99% dari kuat tekan rata – rata beton inti. Dari hasil penelitian penambahanpersentaseflyashkelasC,meningkatkankuattekandantariksertamenurunkantemperaturpada betonmassa.

 

Katakunci:Betonmassa,metodebetonpraletak,flyash,temperatur,kuattekan,kuattarik,Coredrill.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI