DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI DEBIT MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC, DIRECT, INVESTIGATION PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:DEVIE AULIA SANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


Santi, Devie Aulia. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Debit Menggunakan Model Realistic, Direct, Investigation Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Debit, Realistic Mathematic Education, Direct Instruktion, Group Investigation

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang kurang efektif, peserta didik yang kurang aktif, peserta didik kurang memahami pemahaman konsep matematika yang dipelajari, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dikombinasikan dengan Direct Instruction, dan Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik dan menganalisis hasil belajar peserta didik.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Karya Tani Kabupaten Barito Kuala tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 14 orang yang terdiri dari 5 orang peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Yang diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar yang dilakukan dengan tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ≥65 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas peserta didik mencapai kriteria “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Baik”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peseerta didik pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Aktif”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 secara klasikal mencapai persentase ketuntasan sebesar 28,57%, pertemuan 2 sebesar 71,43%, dan pertemuan 3 sebesar 85,71%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dikombinasi dengan Direct Instruction dan Group Investigation pada siswa kelas V SDN Karya Tani Kabupaten Barito Kuala aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI