DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGARUH KALOR MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING KOMBINASI TALKING STICK DAN MEDIA KARTU DI SDN PANDANSARI TANAH BUMBU
PENGARANG:EVA NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


Nisa, Eva. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Kalor Menggunakan Model Mind Mapping Kombinasi Talking Stick dan Media Kartu di SDN Pandansari Tanah Bumbu. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Mind Mapping, Talking Stick, Media Kartu.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang disebabkan proses pembelajaran masih belum berpusat pada peserta didik sebagai objek belajar yang mana proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan, tidak terciptanya kondisi yang menyenangkan, proses pembelajaran belum bisa memberikan pengalaman belajar dan mengembangkan kreativitas, serta terdapat beberapa peserta didik yang tidak ikut berpartisipasi pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar pada materi pengaruh kalor terhadap perubahan benda yaitu menggunakan model pembelajaran Mind Mapping kombinasi Talking Stick dan Media Kartu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 pertemuan. Setting penelitian untuk kelas V SDN Pandansari Tanah Bumbu, berjumlah 14 orang peserta didik. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 23 dengan kategori baik, pertemuan 2 memperoleh skor 26 dengan kategori sangat baik, dan meningkat pada pertemuan 3 mencapai skor 30 dengan kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik secara klasikal pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif dengan persentase 50,00%, pada pertemuan 2 mencapai kriteria aktif dengan persentase 71,43%,  dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 92,86%. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada aspek kognitif pada pertemuan 1 mencapai 50,00%, pertemuan 2 mencapai 86,00%, dan pertemuan 3 mencapai 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping kombinasi Talking Stick dan media kartu membuat aktivitas guru berjalan lancar serta mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar pada materi pengaruh kalor. Disarankan penggunaan model ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI