DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS 4 SDN TINGGIRAN BARU 4 KABUPATEN BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | NAFA KURNIAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-27 |
Kurniawati, Nafa. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek
Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Menggunakan Kombinasi Model
Cooperative Integrated Reading And Composition, Numbered Heads
Together dan Course Review Horay Siswa Kelas 4 SDN Tinggiran Baru 4
Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung
Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.
Kata kunci : Hasil Belajar, Muatan Bahasa Indonesia, Cooperative Integrated
Reading And Composition, Numbered Heads Together, Course Review
Horay.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya Aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan
pembelajaran masih bersifat konvesional, model pembelajaran tidak bervariasi
dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru serta siswa masih sulit
memahami isi bacaan pada cerita fiksi. Upaya untuk mengatasi permasalahan
tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi model Cooperative Integrated
Reading And Composition, Numbered Heads Together dan Course Review Horay
dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Aktivitas guru,
Aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Tinggiran
Baru 4, Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 6
orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran
2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil
merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi Aktivitas guru dan
Aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa
yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi
dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1
memperoleh skor 27 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 dengan
skor 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1
mencapai 50% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan 4
menjadi 83% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada
pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 42% meningkat pada pertemuan 4 dengan
ketuntasan klasikal 83%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition, Numbered
Heads Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru
dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam
menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI