DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS 4 SDN TINGGIRAN BARU 4 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NAFA KURNIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


Kurniawati, Nafa. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek 

Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Menggunakan Kombinasi Model 

Cooperative Integrated Reading And Composition, Numbered Heads 

Together dan Course Review Horay Siswa Kelas 4 SDN Tinggiran Baru 4 

Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah 

Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung 

Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd. 

Kata kunci : Hasil Belajar, Muatan Bahasa Indonesia, Cooperative Integrated 

Reading And Composition, Numbered Heads Together, Course Review 

Horay.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya Aktivitas dan hasil 

belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan 

pembelajaran masih bersifat konvesional, model pembelajaran tidak bervariasi 

dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru serta siswa masih sulit 

memahami isi bacaan pada cerita fiksi. Upaya untuk mengatasi permasalahan 

tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi model Cooperative Integrated 

Reading And Composition, Numbered Heads Together dan Course Review Horay

dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Aktivitas guru, 

Aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 

dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Tinggiran 

Baru 4, Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 6

orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 

2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil 

merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi Aktivitas guru dan 

Aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa 

yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data 

dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi 

dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1

memperoleh skor 27 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 dengan 

skor 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1

mencapai 50% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan 4

menjadi 83% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada 

pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 42% meningkat pada pertemuan 4 dengan 

ketuntasan klasikal 83%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan 

Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition, Numbered 

Heads Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, 

aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru 

dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam 

menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil 

belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI