DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI, INTELLECTUALY, STICK DI KELAS IV SDN 1 PADANG LUAS TANAH LAUT
PENGARANG:EKA OKTAVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


ABSTRAK

Oktaviani, Eka 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Inkuiri, Intellectualy, Stick di Kelas IV SDN 1 Padang Luas Tanah Laut. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci      : Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Inkuiri Terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, tidak mampu berfikir kritis, kurang bekerjasama, tidak siap dalam mengemukakan pendapat, kurang semangat, kurang tertarik dan cepat merasa bosan dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan nilai hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 1 Padang Luas Tanah Laut tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dengan tes evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 31%, pertemuan II mencapai 54%, pertemuan III mencapai 77%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model Inkuiri Terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 8 muatan IPA materi Gaya dan Gerak di kelas IV SDN 1 Padang Luas Tanah Laut dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI