DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN DISIPLIN, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING), ROLE PLAYING, DAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN DESA BARU 1
PENGARANG:ANHAR FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


ABSTRAK

Firdaus, Anhar. 2021. Meningkatkan Disiplin, Aktivitas, dan Hasil Belajar Muatan PPKn Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching Learning), Role Playing, dan Cooperative Learning Pada Siswa Kelas V SDN Desa Baru 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S. H., M. Pd. 

Kata Kunci: Disiplin, Aktivitas, Dan Hasil Belajar, Kombinasi Model CTL (Contextual Teaching Learning), Role Playing, dan Cooperative Learning.

   Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal ≥70 di kelas V SDN Desa Baru 1. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah (teacher centre), pada proses belajar siswa kurang menguasai konsep materi dengan baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model CTL (Contextual Teaching Learning), Role Playing, dan Cooperative Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang semester genap SDN Desa Baru 1 tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat skor 22, pertemuan 2 mendapat skor 24, pertemuan 3 mendapat skor 27, dan pertemuan 4 mendapat skor 28. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 61%, pertemuan 2 memperoleh persentase 77,78%, pertemuan 3 memperoleh persentase 83,33% dan 4 memperoleh persentase 100%. Disiplin belajar siswa pertemuan 1 memperoleh ketuntasan persentase klasikal 27,78%, pertemuan 2 memperoleh ketuntasan persentase klasikal 50%, pertemuan 3 memperoleh ketuntasan persentase klasikal 83,33% dan pertemuan 4 memperoleh ketuntasan persentase klasikal 100%, dengan setiap pertemuannya mengalami peningkatan secara individual pada kategori sangat disiplin.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning), Role Playing, dan Cooperative Learning dapat meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI