DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KETERGANTUNGAN DAERAH, KEKAYAAN DAERAH, BELANJA DAERAH, DAN IPM TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI KALIMANTAN SELATAN TAHUN ANGGARAN 2015-2018
PENGARANG:SHINDY PUTRI PRAMESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


ABSTRAKSI

Shindy Putri Pramesti (2021) Pengaruh Ketergantungan Daerah, Kekayaan Daerah, Balanja Daerah, Dan IPM Terhadap Tingkat Pengungkapan Wajib Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2015-2018.

Pembimbing : H. Alfian Misran, SE, M.Si, Ak, CA           

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ketergatungan daerah, kekayaan daerah, belanja daerah, dan IPM terhadap tingkat pengungkapan wajib laporan keuangan Pemerintah daerah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketergantungan daerah, kekayaan daerah, belanja daerah, dan IPM. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pengungkapan wajib laporan keuangan pemerintah daerah.  

Populasi dari penelitian ini adalah 13 pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun anggaran 2015-2018. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 52 LKPD. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketergantungan daerah berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan wajib laporan keuangan pemerintah daerah, sementara variabel kekayaan daerah, belanja daerah, dan IPM tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan wajib LKPD. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pengungkapan wajib LKPD di Provinsi kalimantan Selatan 77,98%.

Kata Kunci: Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Tingkat Pengungkapan Wajib, Ketergantungan Daerah, Kekayaan Daerah, Balanja Daerah, IPM

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI