DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA DI MASA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK (STUDI KASUS DI PUSKESMAS BERUNTUNG RAYA)
PENGARANG:NOOR AMELA AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


ABSTRAKSI

 

Noor Amela Aisyah, (2021) Implementasi Metode Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Di Masa Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19 pada Organisasi Sektor Publik (Studi Kasus di Puskesmas Beruntung Raya). Pembimbing : Pusvita Indria Mei Susilowati.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Puskesmas Beruntung Raya di masa sebelum dan saat adanya pandemi COVID-19 dengan metode balanced scorecard. Selama ini pengukuran kinerja entitas sektor publik masih bersifat tradisional. Hal ini menjadikan balanced scorecard sebagai alternatif pengukuran kinerja yang lebih komprehensif.

            Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, pengolahan data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Pada kuesioner, memiliki jumlah keseluruhan responden sebanyak 50 pasien dan 50 karyawan yang kemudian data diolah dengan uji validitas dan uji reliabilitas pada SPSS Versi 26.

            Hasil penelitian menujukkan bahwa kinerja Puskesmas Beruntung Raya dilihat dari (1) Perspektif keuangan dari indikator rasio ekonomis menunjukkan kinerja dengan kriteria ekonomis. (2) Perspektif pelanggan dari indikator retensi dan akuisisi pelanggan menunjukkan kinerja yang fluktuatif, dan dari indikator kepuasan pelanggan menunjukkan kinerja dengan kriteria sangat baik. (3) Perspektif proses bisnis internal dari indikator protap menunjukkan bahwa kinerjanya dalam pelaksanaan protap telah dilaksanakan sebaik mungkin walaupun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya, dan dari indikator kelengkapan fasilitas menunjukkan bahwa fasilitas-fasilitas yang dimiliki telah sesuai dengan regulasi pemerintah walaupun masih terdapat kekurangan dari segi kuantitas dan kualitasnya. (4) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dari indikator retensi karyawan menunjukkan konstan, dan dari indikator kepuasan karyawan menunjukkan kinerja dengan kriteria baik.

 

Kata Kunci :         Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI