DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL REACHMENT
PENGARANG:MISDARENA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


                

Misdarena. 2021.Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Reachment”. SkripsiProgramPendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, ModelREACHMENT, danVolume Balok

Permasalahan penelitian adalah rasa ingin tahu dan keterlibatan siswa kurang, siswa kurang tertarik mempelajari konsep matematika, siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa mengantuk dan sering berbicara dengan teman, kurangnya motivasi siswa, dan kurangnya aktivitas siswa. Hal ini disebabkan siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran,  elum adanya media pembelajaran yang mendukung, serta model dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa yaitu melalui Model REACHMENT (Realistic Achievement Tournament)yakni kombinasi Model Realisctic Mathematics Education (RME), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandansari Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu tahun pelajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak  12. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 23 hingga 30. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 42% hingga 92%. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% hingga 100%. Hasil belajar siswa dari 33% hingga 100%. secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan Model REACHMENT (Realistic Achievement Tournament)yakni kombinasi Model Realisctic Mathematics Education (RME), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.          

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI