DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), MIND MAPPING DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MUATAN IPS TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:EMA HAMIDATUL JANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-27


ABSTRAK

 

Janah, Ema Hamidatul. 2021. Analisis Komparatif Penerapam Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Model Course Review Horay (CRH) Pada Muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Analisis Komparatif Penerapam Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Model Course Review Horay (CRH) Pada Muatan IPS

 

Dampak dari covid-19 yang masih tinggi di Kabupaten Tanah Bumbu jadi kegiatan belajar mengajar untuk sementara dihentikan mengingat saat ini yang terkena dampak positif dari penyebaran covid-19 masih sangat tinggi. Untuk membantu memecahkan masalah tersebut, pembaelajaran tatapmuka ditiadakan sehingga dilaksanakan pembelajaran melalui sistem daring. Atas dasar permasalahan tersebut, maka peneliti menetapkan pemecahan masalah berupa penggunaan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Model Course Review Horay (CRH). Penelitian ini mendapati terjadinya perubahan yang lebih baik pada aspek aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan

. Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh Dina Alfisa yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Pengaruh Lingkungan Terhadap Mata Pencaharian Masyarakat Terkait dengan Kagiatan Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dikombinasikan dengan Model Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar. Penelitian kedua oleh  Nurkhairina Adinda dengan judul Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) di Kelas IV SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Course Review Horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi dokumentasi yang menggunakan bahan analisis berupa skripsi PTK oleh Dina Alfisa dan Nurkhairina Adinda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kedua buah skripsi, Aktivitas guru di setiap pertemuannya harus mengalami perbaikan sehingga proses pembelajarannya terlaksana sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telahdirencanakan. Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berkesesuaian dengan kegiatan pembelajaran yang diterapkan olehguru. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan dan mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH).

Dengan uraian tersebut temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa skor skripsi 2 lebih tinggi efektivitasnya dari pada skripsi 1. Namun kedua skripsi telah terlaksana dan berhasil mencapai target sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI