DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SDN APK ll.2 ANJIR PASAR | |
PENGARANG | : | DEWI AMALIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-28 |
Amalia, Dewi 2021.“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ilmu
Pengetahuan Alam Materi Panas dan Perpindahannya Menggunakan Model
Group Investigation Dikombinasikan Teams Games Tournament Dikelas V SDN APK II.2 Anjir Pasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Dosen Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.
Kata Kunci:Hasil Belajar, IPA, Group investigationdan Teams gams
Tournament.
Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN APK II.2 Anjir pasar materi panas dan perpindahannya yaitu karena dalam proses pembelajaran siswa kurang memiliki budaya sikap dan berfikir kritis, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa masih rendah. Saat proses pembelajaran siswa cenderung kurang antusias dan kurang berpartisipasi terhadap pelajaran yang disampaikan guru siswa kurang berpartisipasi dalam mengungkapkan pendapatnya dan tidak dapat mengembangkan pola pikirnya secara ilmiah tentang materi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN APK II.2 Anjir Pasartahun ajaran 2020/2021 jumlah siswa sebanyak 7 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria Baik dan Pertemuan 2 mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 57,14% dan pertemuan 2 mencapai 85,71%. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai 57,14% dan pada pertemuan 2 mencapai 85,71%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalaui kombinasi model group investigation dan teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi guru,kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif ddalam meningkatkan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI