DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SDN APK ll.2 ANJIR PASAR
PENGARANG:DEWI AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-28


                        

Amalia, Dewi 2021.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ilmu           

           Pengetahuan Alam Materi Panas dan Perpindahannya Menggunakan Model 

Group Investigation Dikombinasikan Teams Games Tournament  Dikelas V SDN APK II.2 Anjir Pasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Dosen Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

 Kata Kunci:Hasil Belajar, IPA, Group investigationdan Teams gams  

                     Tournament.

    

Penyebab rendahnya hasil  belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN APK II.2 Anjir pasar materi panas dan perpindahannya yaitu karena dalam proses pembelajaran siswa kurang memiliki budaya sikap dan berfikir kritis, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa masih rendah. Saat proses pembelajaran siswa cenderung kurang antusias dan kurang berpartisipasi terhadap pelajaran yang disampaikan guru siswa kurang berpartisipasi dalam mengungkapkan pendapatnya dan tidak dapat mengembangkan pola pikirnya secara ilmiah tentang materi pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif  jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN APK II.2 Anjir Pasartahun ajaran 2020/2021  jumlah siswa sebanyak 7 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan  belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria Baik dan Pertemuan 2 mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 57,14% dan pertemuan 2 mencapai 85,71%. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai 57,14% dan pada pertemuan 2 mencapai 85,71%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalaui kombinasi model group investigation dan teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi guru,kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif ddalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI