DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PERTAMBANGAN BATUBARA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KARANG INDAH KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:YENI HIDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-30


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pertambangan batubara terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Karang Indah Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur dengan jumlah responden sebanyak 91 KK. Teknik analisis menggunakan analisis triangulasi teknik.

            Dampak sosial adanya pertambangan batubara berkaitan dengan interaksi sosial dan kerjasama. Dampak negatifnya adanya persaingan dan pertentangan atau pertikaian atau disebut juga dengan konflik dalam masyarakat itu sendiri dan masyarakat itu sendiri dan masyarakat menjadi individualistis. Dampak positifnya yaitu pendidikan masyarakat menjadi lebih meningkat. Dampak ekonomi yang dirasakan yaitu meningkatnya kualitas SDM, meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, tercukupinya kebutuhan penambang, mengurangi tingkat pengangguran dan menggurangi angka kriminal. Sedangkan dampak negatif yang di rasakan adalah merusak lingkungan sekitar, merusak jalan akibat pengangkutan batubara oleh truk dan tingkat kesuburan tanah menjadi turun.

Kata Kunci: Pertambangan Batubara; Kondisi Sosial Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI