DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN MEDIA PAPAN GAMBAR DI KELAS IV SDN TELAGA BIRU 8 BANJARMASIN
PENGARANG:AUFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-30


ABSTRAK

Aufa. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT), dan Media Papan Gambar Di Kelas IV SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Muhsinah Annisa, S. Si, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT), Media Papan Gambar.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa materi hubungan gaya dan gerak. Penyebabnya adalah pembelajaran kurang bervariasi, pembelajaran berlangsung satu arah, kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam kelompok, siswa belum berani mengungkapkan pendapat, serta siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT), dan Media Papan Gambar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa materi hubungan gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin dengan jumlah siswa 11 orang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis yang dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan indikator keberhasilan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana dengan kategori “Baik” dan “Sangat Baik” dengan perolehan skor 31 meningkat menjadi skor 39. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 memperoleh 36,4% kategori “Kurang Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90,9%  kategori “Sangat Aktif”. Hasil belajar kognitif siswa pada pertemuan 1 memperoleh 36,4% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar afektif pertemuan 1 memperoleh 45,5% dan meningkat pada peertemuan 4 menjadi 100%. Begitu pula hasil belajar psikomotorik siswa pada pertemuan 1 memperoleh 18,2% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT), dan Media Papan Gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model dan media tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI