DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INSAVE SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:FITRI RATNASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-30


Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Keraton 4 Martapura. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan kemandiriansiswa adalah dengan menerapkan Model INSAVE. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang diselesaikan dalam empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa semester V SDN Keraton 4 Martapura tahun 2020/2021, dengan jumlah siswa 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah informasi kuantitatif melalui persepsi pendidik dan latihan siswa, dan informasi siswa yang diperoleh melalui strategi estimasi dengan tes tertulis yang disusun secara individu. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif yang digambarkan dengan susunan silang dan grafik diberi penanda dominasi pembelajaran yang telah ditentukan. Hasil Penelitian ini menujukan bahwa Aktivitas guru menggunakan kombinasi model pembelajaran INSAVE dalam pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita dengan muatan Ilmu Pengetahuan Alam dengan pada siswa kelas V  SDN Keraton 4 Martapura telah terlaksana sesuai dengan harapan, dengan kriteria sangat baik dan mengalami peningkatan, hingga mencapai kriteria sangat aktif, serta mencapai kriteria sangat mandiri sehingga mencapai ketuntasan hasil belajar yang ditargetkan.

Kata kunci: Somatic, Audiotory, Visialization, Intellectually(SAVI),Kegiatan Belajar, Kemandirian Belajar, Teams Games Tournament.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI