DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn TEMA 8 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM INSTAN PADA SISWA KELAS V SDN PULAU ALALAK
PENGARANG:RIFNA RAMADHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-30


Ramadhana,Rifna. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema 8 Menggunakan Kombinasi Model Problem Instan Pada Siswa Kelas V Sdn Pulau Alalak. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Faqihatuddiniyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PROBLEM INSTAN.

                    

Permasalah dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurang antusias siswa terhadap pembelajaran dan kurangnya tingkat pemahaman siswa. Sehingga upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan kombinasi model PROBLEM INSTAN dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

            Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pulau Alalak Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan . Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dan penelitian ini menggunakan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase yang dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai skor 22 dengan kriteria Cukup Baik meningkat di pertemuan 2 mencapai skor 27 dengan kriteria Baik, kemudian pada siklus II pertemuan 1 meningkat dengan skor mencapai 30 dengan kriteria sangat baik dan yang terakhir pertemuan 4 mencapai skor 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal Siklus I pertemuan 1 40% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 65%, pada siklus II pertemuan 3 meningkat lagi menjadi 80% dan yang terakhir pada pertemuan 4 meningkat menjadi 90%. Hasil ketuntasan klasikal pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 10% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 70% kemudian meningkat di siklus II pertemuan 3 mencapai 75% dan dipertemuan 4 meningkat kembali menjadi 90%.

            Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran PROBLEM INSTANdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Tema 8 kelas V SDN Pulau Alalak Kabupaten Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI