DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK DIMASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERANAN LINGKUNGAN DI SDN 2 ANJIR SERAPAT BARAT | |
PENGARANG | : | M RAHMANI SYABANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-30 |
Abstrak
M. Rahmani Sya’Bani. 2021. Implementasi Pembelajaran PJOK Dimasa
Pandemi Covid-19 Dilihat dari Keterkaitan dengan Lingkungannya di
SDN Anjir Serapat Barat, Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan
Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Herita
Warni, M.Pd. (II) Ramadhan Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan sebagai peneliti di SDN
2 Anjir Serapat Barat, bahwa saat pandemi covid-19 tidak semua orang tua
memiliki fasilitas yang baik untuk mendukung proses pembelajaran PJOK dimasa
pandemi covid-19 (daring), beberapa orang tua dan peserta didik belum mampu
mengoperasikan smartphone dengan baik. Sehingga peserta didik sering
terlambat mengerjakan dan ada juga yang tidak mengumpulkan tugas yang telah
diberikan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah“Peranan
lingkungan terhadap pengaruh implementasi dalam mengikuti pembelajaran PJOK
dimasa pandemi covid-19 di SDN 2 Anjir Serapat Barat”. Dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik SDN 2 Anjir Serapat Barat. Sampel
yang peneliti gunakan sebanyak 110. Instrumen penelitian yang digunakan untuk
variabel X dan Y adalah angket. Langkah-langkah data, deskriptif data dan terakhir
kesimpulan.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Dalam pembahasan implementasi
PJOK secara keseluruhan didapat data yang memilih selalu 36,59%, sering 22.46%,
dan yamg memilih jarang 10,38%, tidak pernah 30,57%. Ini Menunjukkan adanya
hasrat dari siswa yang baik dalam mengikuti implementasi pembelajaran PJOK
dimasa pandemic covid-19 Sedangkan pengaruh lingkungan khususnya pengaruh
dukungan orang tua yang memiih selalu 42,52%, sering 23,24% dan jarang 7,67%,
tidak pernah 26,58% Ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran PJOK
dimasa pandemi Covid-19 di SDN 2 anjir serapat Barat terdapat adanya peranan
lingkungan yang baik khususnya lingkungan keluarga dukungan orang tua
terhadap anak dalam mengikuti Implementasi pembelajaran PJOK dimasa pandemi
Covid-19 di SDN 2 anjir serapat Barat.
Kata Kunci: Implementasi pembelajaran PJOK dimasa pandemic Covid-19
ditinjau dari keterkaitan Lingkungan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI