DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK DIMASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERANAN LINGKUNGAN DI SDN 2 ANJIR SERAPAT BARAT
PENGARANG:M RAHMANI SYABANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-30


Abstrak

M. Rahmani Sya’Bani. 2021. Implementasi Pembelajaran PJOK Dimasa 

Pandemi Covid-19 Dilihat dari Keterkaitan dengan Lingkungannya di 

SDN Anjir Serapat Barat, Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan 

Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu 

Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Herita 

Warni, M.Pd. (II) Ramadhan Arifin, S.Pd, M.Pd. 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan sebagai peneliti di SDN 

2 Anjir Serapat Barat, bahwa saat pandemi covid-19 tidak semua orang tua 

memiliki fasilitas yang baik untuk mendukung proses pembelajaran PJOK dimasa 

pandemi covid-19 (daring), beberapa orang tua dan peserta didik belum mampu 

mengoperasikan smartphone dengan baik. Sehingga peserta didik sering 

terlambat mengerjakan dan ada juga yang tidak mengumpulkan tugas yang telah 

diberikan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah“Peranan 

lingkungan terhadap pengaruh implementasi dalam mengikuti pembelajaran PJOK 

dimasa pandemi covid-19 di SDN 2 Anjir Serapat Barat”. Dalam penelitian ini 

menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. 

Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik SDN 2 Anjir Serapat Barat. Sampel 

yang peneliti gunakan sebanyak 110. Instrumen penelitian yang digunakan untuk 

variabel X dan Y adalah angket. Langkah-langkah data, deskriptif data dan terakhir 

kesimpulan.

Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Dalam pembahasan implementasi 

PJOK secara keseluruhan didapat data yang memilih selalu 36,59%, sering 22.46%, 

dan yamg memilih jarang 10,38%, tidak pernah 30,57%. Ini Menunjukkan adanya 

hasrat dari siswa yang baik dalam mengikuti implementasi pembelajaran PJOK 

dimasa pandemic covid-19 Sedangkan pengaruh lingkungan khususnya pengaruh 

dukungan orang tua yang memiih selalu 42,52%, sering 23,24% dan jarang 7,67%, 

tidak pernah 26,58% Ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran PJOK 

dimasa pandemi Covid-19 di SDN 2 anjir serapat Barat terdapat adanya peranan 

lingkungan yang baik khususnya lingkungan keluarga dukungan orang tua 

terhadap anak dalam mengikuti Implementasi pembelajaran PJOK dimasa pandemi

Covid-19 di SDN 2 anjir serapat Barat. 

Kata Kunci: Implementasi pembelajaran PJOK dimasa pandemic Covid-19 

ditinjau dari keterkaitan Lingkungan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI