DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MARKET PLACE ACTIVITY DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS 4 SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL INTAN ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-30


Pendidikan mempunyai peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal, berkarakter serta mampu berdaya saing tinggi seiring dengan perkembangan era revolusi. Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas 4 SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin pada muatan IPS Materi kegiatan Ekonomi. Hal ini disebabkan Pembelajaran yang masih bersifat satu arah, Siswa Masih terikat dengan informasin yang ada pada buku dan Siswa Kurang termotivasi dalam Pembelajaran. Salah satu solusi adalah dengan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga meningkat mencapai nilai KKM ≥70. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), setting penelitian adalah siswa kelas 4 semester genap SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021. Data kualitatif digunakan untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan Data kuantitatif digunakan untuk hasil belajar. Indikator keberhasilan dihitung berdasarkan skala persentase yang telah ditetapkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dari aktivitas guru mencapai skor 31 dengan kriteria “Sangat Aktif”. Selanjutnya aktivitas siswa mencapai persentase secara klasikal 100% dengan kriteria “Sangat Aktif” dan hasil belajar kognitif siswa mencapai persentase secara klasikal 100% dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa muatan IPS Materi kegiatan ekonomi menggunakan kombinasi model pembelajaran Market Place Activity dan Course Review Horay di kelas 4 SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin Meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan kombinasi model ini dapat dijadikan bahan pertimbangan, alternatif dan referensi dalam memilih model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI