DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL WINTER DI KELAS V SD ISLAM RAHMATILLAH BANJARMASIN
PENGARANG:GUSTI ANITA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-31


ABSTRAK

 

Damayanti, Gusti Anita (2021) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar SiswaMuatanIPATema8SahabatLingkunganKitaMenggunakanModelWINTER Di Kelas V SD Islam Rahmatillah Banjarmasin. Skripsi ProgramS1PendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasLambungMangkurat.DosenPembimbingMohammadDaniWahyudi,S.Pd.I.,M.Pd.

 

KataKunci:AktivitasSiswa,HasilBelajar,Jigsaw,GroupInvestigation,CrouseReviewHoray

 

PermasalahanpadapenelitianiniadalahrendahnyaaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapembelajaranIlmuPengetahuan Alam (IPA).Hal tersebutdisebabakan pembelajaran masih bersifatkonvesional, model pembelajaran tidakbervariasi dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teachercenter) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasipermasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran WINTERdalam pembelajaran.Tujuan penelitianini adalah untukmenganalisis kualitasaktivitasguru,menganalisisaktivitasdanpeningkatanhasilbelajarsiswa.

PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VSD Islam Rahmatillah Banjarmasin, yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 5orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Datayang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas gurudan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajarsiswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanteknikdeskriptifanalisisdancrosstabulasidijabarkandengantabel,grafikdaninterpretasidenganpersentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan Imemperolehskor24dengankriteria“Baik”,meningkatpadapertemuanIVdenganskor32dengankriteria“SangatBaik”.AktivitassiswapadapertemuanImencapai58,33% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan Idenganketuntasanklasikal41,67%meningkatpadapertemuanIVdenganketuntasanklasikal100%.

Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodel WINTER dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa danhasilbelajarsiswa.Adapunsaranbagikepalasekolah,gurudanpenelitilainadalahagar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan modelpembelajaran yang dapatmeningkatkanaktivitasdan hasilbelajarsiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI