DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC PROBLEM HORAY PADA SEKOLAH DASAR DI KAB. BANJAR
PENGARANG:NORHABIBAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-06


Norhabibah. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pengolahan Data Menggunakan Model Realistic Mathematic Education (RME), Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay Pada Sekolah Dasar di  Kab. Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S. Pd, M. Pd

Kata Kunci      : Aktivitas, Hasil Belajar, Pengolahan Data, Realistic Mathematic Education (RME), Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay.

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah pemahaman peserta didik pada materi pengolahan data terutama untuk menyelesaikan soal bentuk cerita masih rendah, kurangnya tingkat partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, rendahnya hasil belajar peserta didik, dan pembelajaran masih disampaikan secara abstrak yang mengakibatkan peserta didikkurang memahami konsep materi pengolahan data, tidak antusiasnya peserta didik dalam pembelajaran matematika, peserta didik tidak bersemangat dalam proses pembelajaran, hasil belajar peserta didik yang kurang. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran  Realistic Mathematic Education (RME), Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik serta menganalisis hasil belajar peserta didik.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pasar Kamis 2 tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 10 orang yang terdiri 3 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Yang diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik dan hasil belajar yang dilakukan dengan tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ≥70 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas peserta didik mencapai kriteria “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pendidik pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Sangat Baik”, pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”, pertemuan 4 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan 1 memperoleh kriteria “Kurang Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Aktif”, pertemuan 3 “Sangat Aktif”, pertemuan 4 kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 10%, pertemuan 2 mencapai 60%, pertemuan 3 mencapai 70%, pertemuan 4 mencapai 100%.

Dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Realistic Mathematic Education (RME), Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay pada kelas IV SDN Pasar Kamis 2 aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI