DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADMIRES
PENGARANG:NADIA AINIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-06


ABSTRAK

Ainiah, Nadia. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil BelajarMenggunakan Model Pembelajaran Admires. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model  Admires.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan motivasi belajar sehingga siswa tidak berani mengemukakan pendapat, kurangnya pemahaman konsep juga mempengaruhi keterampilan proses siswa dalam menyelidiki tentang IPS dan tugas yang diberikan, masih rendahnya kerjasama dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga hal-hal itu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Labung2 Tapin muatan IPS menjadi rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan tidak bervariasi, pada proses pembelajaran tidak melibatkan siswa karena siswa hanya duduk dikursi sebagai pendengar pasif dan belum tersedianya media ataupun model yang mendukung serta siswa kurang mendapat motivasi. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang juga akan berpengaruh meningkatnya hasil belajar yaitu menggunakan model Admires. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas serta motivasi siswa dan hasil belajarsiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tidakan Kelas (PTK), Setting penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Labung 2 Tapin Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan tes. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” menjadi kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 56% pada kriteria “Cukup Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 88% pada pertemuan 3 dengan kriteria “Sangat Aktif”. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 44% menjadi 88% pada pertemuan 3. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 mencapai 38% menjadi 81% pada pertemuan 3.Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 mencapai 50%menjadi 75% pada pertemuan 3.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Model Pembelajaran Admires yang terdiri dari model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT), Team Games Tournaments (TGT) dan Media Pembelajaran Fun Thinkers Bookdapat meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa pada Kelas IV SDN Labung 2 Tapin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model ini sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI