DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA SMP
PENGARANG:MAYA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Pembelajaran dan penilaian di abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai

berbagai keterampilan antara lain berpikir kritis, problem solving, serta kreatif

dan inovatif. Salah satu upaya hal tersebut yaitu dengan mengajarkan HOTS

kepada siswa. Soal HOTS ialah instrumen pengukuran yang mengukur

kemampuan berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi siswa menganggap soal HOTS

sulit untuk diselesaikan disebabkan siswa jarang mendapatkan soal HOTS

selama pembelajaran. Persamaan garis lurus merupakan materi yang penting,

namun dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan

tes formatif matematika materi persamaan garis lurus berbasis HOTS untuk

siswa SMP”. Penelitian pengembangan ini merupakan lanjutan dari tahap

preliminary yaitu tahap formative evaluation terdiri dari tahap uji coba one to

one, small group, dan field test yang bertujuan untuk menguji kelayakan soal

tes formatif dengan menganalisis validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan

daya pembeda. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di

SMP Negeri 15 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan ialah soal tes formatif

berbasis HOTS dan kuisioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa

diperolehnya 8 soal tes formatif berbentuk pilihan ganda berbasis HOTS untuk

materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria validitas yaitu cukup baik dan

baik, relibialitas yang sangat baik, tingkat kesukaran semua soal yaitu sedang,

serta kriteria daya pembeda yaitu baik dan cukup, dengan kategori soal C4, C5,

dan C6.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI