DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA SMP | |
PENGARANG | : | MAYA SAFITRI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-07 |
Pembelajaran dan penilaian di abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai
berbagai keterampilan antara lain berpikir kritis, problem solving, serta kreatif
dan inovatif. Salah satu upaya hal tersebut yaitu dengan mengajarkan HOTS
kepada siswa. Soal HOTS ialah instrumen pengukuran yang mengukur
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi siswa menganggap soal HOTS
sulit untuk diselesaikan disebabkan siswa jarang mendapatkan soal HOTS
selama pembelajaran. Persamaan garis lurus merupakan materi yang penting,
namun dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
tes formatif matematika materi persamaan garis lurus berbasis HOTS untuk
siswa SMP”. Penelitian pengembangan ini merupakan lanjutan dari tahap
preliminary yaitu tahap formative evaluation terdiri dari tahap uji coba one to
one, small group, dan field test yang bertujuan untuk menguji kelayakan soal
tes formatif dengan menganalisis validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan
daya pembeda. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di
SMP Negeri 15 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan ialah soal tes formatif
berbasis HOTS dan kuisioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa
diperolehnya 8 soal tes formatif berbentuk pilihan ganda berbasis HOTS untuk
materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria validitas yaitu cukup baik dan
baik, relibialitas yang sangat baik, tingkat kesukaran semua soal yaitu sedang,
serta kriteria daya pembeda yaitu baik dan cukup, dengan kategori soal C4, C5,
dan C6.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI