DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA | |
PENGARANG | : | SRI RIZKY | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-07 |
Survei PISA yang dilakukan OECD menunjukkan bahwa kemampuan
literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya
adalah peserta didik belum terlatih dalam mengerjakan soal literasi sains.
Penyusunan instrumen tes literasi sains merupakan salah satu upaya untuk
mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Tujuan penelitian adalah
mendeskripsikan (1) instrumen tes literasi sains, (2) validitas instrumen, (3)
reliabilitas instrumen, (4) tingkat kesukaran instrumen dan (5) daya pembeda
instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
menggunakan model adaptasi Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian adalah
199 orang peserta didik dari SMAN 7 Banjarmasin, SMAN 6 Banjarmasin dan
SMAN 12 Banjarmasin. Teknik analisis data berupa validasi desain, validitas
instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran instrumen dan daya pembeda
instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk yang dihasilkan
adalah instrumen tes literasi sains pada materi hukum newton dengan bentuk soal
pilihan ganda beralasan berjumlah 15 soal, (2) hasil validitas instrumen diperoleh
soal dalam kategori valid, (3) memiliki reliabilitas dengan kriteria bagus sekali
sebesar 0,93 (4) tingkat kesukaran soal diperoleh 1 soal kategori sulit dan 17 soal
kriteria sedang, (5) hasil daya pembeda soal menunjukkan terdapat 1 soal dengan
daya pembeda jelek dan terdapat 3 soal bias sehingga 3 soal akan dibuang. Maka
dapat disimpulkan instrumen tes literasi sains produk akhir berjumlah 15 soal
yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains dan dapat
digunakan sebagai evaluasi tes hasil belajar peserta didik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI