DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, MIND MAPPING DAN COURSE RIVIEW HORAY (CRH) PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:ADI HUSNA ANANZIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


ABSTRAK

Ananzih, Adi Husna. 2021. Ananlisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Jigsaw, Mind Mapping Dan Course Riview Horay (CRH) Pada Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendididkan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalaie, M.Si

Kata Kunci : Ananlisis Komparatif, Jigsaw, Mind Mapping, Course Riview Horay (CRH)
    Studi pendahulu pada penenlitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh Taufik Qurahman dan Fryda Eka Nuraini. Yang mana hasil penelitian dari kedua skripsi ini berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan kombinasi model Jigsaw, Mind Mapping dan Course Riview Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Jigsaw, Mind Mapping Dan Course Riview Horay (CRH) pada dua buah hasil PTK yaitu oleh Taufik Qurahman (2019) dan Fryda Eka Nuraini (2019).
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan multi situs, sehingga dalam menganalisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis komparatif data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
     Melalui penelitian ini diperoleh hasil skor dari aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Pada skripsi Taufik Qurahman aktivitas guru mendapatkan skor akhir 37 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 80% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik siswa mendapatkan persentase klasikal 100%, 100%, 100% dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi Fryda Eka Nuraini aktivitas guru mendapatkan skor 31. Sedangkan aktivitas siswa mendapatkan persentase 96% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif mendapatkan persentase klasikal 100% dengan kriteria sangat baik.
    Dengan dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas siswa skripsi 2 lebih baik dibandingkan skripsi 1. Hasil belajar ranah kognitif skripsi 1 dan 2 sama-sama baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI