DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, MIND MAPPING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS 5 SDN KELAYAN BARAT 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NADYA AYU LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Lestari, Ayu Nadya. 2021. “Meningkatkan hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together Siswa Kelas5SDN Kelayan Barat 1 Banjarmasin“. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together.

Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurangnyakemampuan siswa berpikir kritis, kurangnya kemampuan berkomunikasi lisan, siswa pasif, tidak adanya pengembangan kreativitas diri siswa, dan sulitnya siswa bekerja berkerjasama dalam kelompok.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan8 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 26-32 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥ 80% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa memperoleh 100% dengan kriteria sangat aktif  dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 87%.

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together  menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam  meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI