DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL ORIENTASI DI KELAS V SDN LOK BATU KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:WINDA AULIA MUKARRAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


 

Mukarramah, Winda Aulia. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Model ORIENTASI di Kelas V SDN Lok Batu Kabupaten Balangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Suhaimi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Model ORIENTASI

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini sebabkan pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah dan pembelajaran tidak mengunakan model yang bervariatif. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model ORIENTASI dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siwa dan menganalisis hasil belajar siswa. Pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SDN Lok Batu Kabupaten Balangan tahun ajaran 2020/2021.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 18 orang siswa yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun indikator keberhasilan PTK ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu ≥65 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥80% mendapatkan nilai ≥65 serta aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 23 dengan kriteria baik, pertemuan 2 memperoleh skor 27 dengan kriteria baik, pertemuan 3 memperoleh skor 31 dengan kriteria sangat baik, pertemuan 4 memperoleh skor 34 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siwa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 44%, pertemuan 2 memperoleh persentase 61%, pertemuan 3 memperoleh persentase 72% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 89%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 44%,pertemuan 2 memperoleh persentase 67%, pertemuan 3 memperoleh persentase 72%, dan pertemuan 4 memperoleh persentase 94%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model ORIENTASI dapat meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar siswa muatan IPS tema Peristiwa Dalam Kehidupan di  kelas V SDN Lok Batu Kabupaten Balangan dan hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI