DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK PADA KONSEP EKOSISTEM BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS JENJANG SMA
PENGARANG:FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Paradigma pembelajaran abad ke-21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai tekonologi, informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Pada saat ini pembelajaran di Indonesia dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring) sebagai suatu upaya untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru yaitu Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik yang selanjutnya disingkat menjadi LKPD-e. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD-e konsep Ekosistem yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain evaluasi formative Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one; dan 3) small group. Subjek validasi adalah tiga orang ahli, subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas X MIPA I SMA Negeri 1 Sungai Tabuk dan subjek uji kelompok kecil adalah empat orang peserta didik kelas kelas X MIPA I SMA Negeri 1 Sungai Tabuk. Jenis data dan instrumen serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu data validasi menggunakan lembar instrumen validasi dengan memberikan skor 1,2,3, dan 4, kepraktisan isi menggunakan lembar kepraktisan isi dengan memberikan skor 1,2,3, dan 4, kepraktisan harapan menggunakan lembar instrumen kepraktisan harapan dengan memberikan respon Ya/Tidak dan keefektifan harapan menggunakan lembar penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui tugas-tugas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD-e memiliki kategori valid dengan skor 3,57; 2) kepraktisan isi memiliki kategori baik dengan skor 3,74 berarti struktur LKPD-e bisa dipahami peserta didik dan kepraktisan harapan LKPD-e memiliki kategori sangat baik dengan skor 91,67% berdasarkan respon peserta didik; dan 3) keefektifan harapan LKPD-e berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD elektronik memiliki kategori sangat baik pada keterampilan interpretasi, analisis, evaluasiinferensi, eksplanasi dan pengaturan diri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI