DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul IPA SMP pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Berbasis Literasi Sains
PENGARANG:MAHDIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Studi PISA 2018 menyatakan kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia
menduduki peringkat ke-72 dari 77 negara. Kemampuan literasi sains juga dipengaruhi
oleh bahan ajar. Berdasarkan penelitian sebelumnya, bahan ajar IPA yang beredar belum
memenuhi kompetensi literasi sains yang seimbang. Mengacu pada fakta mengenai
rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik dan belum tersedianya bahan ajar IPA
yang memuat komponen literasi sains seimbang, maka dilakukan penelitian
pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains. Salah satu bentuk bahan ajar itu adalah
modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul IPA berbasis literasi
sains. Prosedur penelitian ini dan pengembangan yang digunakan adalah model
pengembangan Tessmer. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi lima tahap, yaitu
Self
Evaluation, Expert Review, One to one,Small Group,
dan Field Test. Namun, penelitian
ini hanya sampai pada tahap
Expert Review. Berdasarkan hasil dari tiga validator modul
mendapatkan persentase validitas 83,78% yang berarti valid, dan aspek literasi sains pada
modul mendapatkan persentase validitas 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa pengembangan modul IPA memuat aspek literasi sains valid layak untuk diuji
cobakan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI