DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN SISWA KELAS XI-RPL SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:YUSUF RACHMAN ARIZAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Ejaan merupakan hal yang penting dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penggunaan ejaan yang tepat sangat diperlukan ketika melakukan penulisan karangan. Ketepatan penggunaan ejaan tentunya akan memberikan banyak manfaat seperti ketepatan dalam menyampaikan makna. Selain itu, penggunaan ejaan yang tepat merupakan dasar dari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Permasalahan penelitian ini ialah bagaimana penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karangan siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Penelitian ini merupakan penelitian deskrrptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah karangan siswa. Data penelitian ini berupa pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan yang meliputi: (1) pemakaian huruf berjumlah 240 kasus (53%), (2) penulisan kata berjumlah 20 kasus (4%), dan (3) pemakaian tanda baca berjumlah 195  kasus (43%). Jadi, kesalahan penggunaan ejaan berjumlah 455 kasus.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI