DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MIKRO DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI HAPSAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Hapsah, Siti. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Materi Kegiatan Ekonomi Mikro dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan Menggunakan Model Group Investigation dan Mind Mapping pada Siswa Kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H Khairil Anwar, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation, Mind Mapping

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan aktivitas guru mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa materi kegiatan ekonomi mikro dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan pada muatan IPS. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa, memacu siswa untuk berpikir kritis dan berkolaboratif.. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, berpikir kritis, dan kolaboratif yaitu dengan penggunaan model pembelajaran Group Investigation dan Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran

2020/2021 sebanyak 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif

dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai

IV meningkat dari skor 25 menjadi skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 50% menjadi 92%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan dari 42% hingga 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI