DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA MENGGUNAKAN MODEL CITA CITA
PENGARANG:SALEHUDDIN RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Rahman, Salehuddin. 2021. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Menggunakan Model CITA CITA. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci: CITA CITA, Keterampilan Menulis, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa.

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan aktivitas guru Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa berupa menulis karangan narasi pada muatan Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa, memacu siswa untuk kreatif dan imajinatif dalam menulis karangan. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, kreativitas dan imajinasi yaitu melalui penggunaan model pembelajaran CITA CITA (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC), Picture And Picture, dan Menulis Imajinatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 9 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22 menjadi skor 36. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 44% menjadi 100%. Keterampilan menulis siswa pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 44% hingga 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model CITA CITA dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan keterampilan menulis siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI