DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI BENDA, SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:SITI AMINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


 

RINGKASAN

 

 

 

SitiAminah. (2021). Pengembangan Modul IPA Materi  Benda, Sifat dan Perubahan Wujud Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pembimbing Dr. RahmatYunus, M.Si.; Dr. Suyidno, M.Pd.

 

 

 

Hasil belajar merupakan penentu keberhasilan pendidikan, namun ketuntasan hasil belajar peserta didik MIS Darul Ulum Rumbai Tiga Kapuas belum tercapai. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul IPA Materi Benda dan Perubahan Wujud dengan model inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembanganini mengacu langkah-langkah evaluasi formatif (model Tessmer). Uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test.Subyek uji coba  terbatas pada 7 peserta didik dan uji coba luas pada 30 peserta didik kelas V MIS Darul Ulum Rambai Tiga Kapuas.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi modul Inkuiri terbimbing, lembar pengamatan keterlaksanaan modul, dan tes hasil belajar.

 

Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul IPA-Inkuiriterbimbing termasuk valid karena hasil validasi modul pada aspek desain modul, format, materi, kebahasaan, penyajian, penunjang inovasi dan mutu KBM dalam kriteria valid; (2) modul IPA Inkuiri terbimbing termasuk praktis karena keterlaksanaan modul pada uji coba terbatas dan luas dalam kriteria baik. Selain itu, peserta didik merasabahwasetelah belajardengan modul IPA, mereka memperoleh banyak pengetahuan dan informasi baru; (3) modul IPA Inkuiri terbimbing termasuk efektif karena nilai n-gain hasil belajar peserta didik sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, modul IPA-Inkuiri terbimbing yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

 

 

Kata kunci:Hasil belajar, inkuiri terbimbing,pengembangan modul

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI