DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL GRANDMA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


 

Damayanti (2021) Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model GRANDMA Untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Raihanah Sari, M.Pd.

 

Kata  Kunci : Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Grandma

 

               Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabakan karena siswa belum diberikan kesempatan mengenal konsep yang berkaitan dengan lingkungan sosial, belum memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, berkompetisi, komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. Siswa juga belum kreatif, belum menyelesaiakn tugas yang menantang dengan tepat waktu dan sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran GRANDMA dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas, motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Austral Byna yang berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 30 dengan kriteria “Sangat Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 36 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 35,71% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 85,7% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I mencapai 57,14% dengan kriteria “Tinggi” dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 85,7%  dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 37,5% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 85,7%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model GRANDMA dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI