DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS VII-C SMPN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:MUNAWARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


ABSTRAK

 

Munawarah. 2021. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Media Audio Visual Melalui Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas VII-C SMPN 7 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd.

Kata kunci: kemampuan menulis, teks prosedur, media audio visual.

Kegiatan praktik yang tidak diimbangi dengan kegiatan menulis yang baik menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan menulis peserta didik, seperti menulis teks prosedur. Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Penelitian menggunakan media audio visual dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur.

Penelitian ini merupakan penelitian pembelajaran yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hasil kemampuan komprehensif menulis teks prosedur peserta didik kelas VII-C SMPN 7 Banjarmasin; (2)  hasil kemampuan menulis teks prosedur pada aspek struktur, isi, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan peserta didik kelas VII-C SMPN 7 Banjarmasin;

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif karena kemampuan menulis teks prosedur digambarkan dalam bentuk angka. Dari gambaran angka tersebut, diketahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur. Sumber data penelitian ini berjumlah 30 peserta didik. Penentuan populasi dan sampel menggunakan teknik sampling kuota. Instrumen dalam penelitian ini ialah tes unjuk kerja dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan statistik-deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur menggunakan media audio visual melalui pembelajaran daring peserta didik kelas VII-C secara komprehensif berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 81,666 (76,7%). Aspek struktur pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 88,33 (90%). Aspek isi pada kategori sangat mampu dengan nilai rata-rata 92,50 (90%). Aspek ciri kebahasaan pada kategori sangat mampu dengan nilai rata-rata 91,67 (96,7%). Aspek kaidah penulisan pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 54,17 (60%).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI