DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW, TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN 1 LALAPIN KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:ERMA YULI KURNIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


 

ABSTRAK

 

 

 

Wati, Erma Yuli Kurnia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Model Jigsaw, Teams Games Tournament dan Talking Stick Siswa Kelas 4 SDN 1 Lalapin Kabupaten Kotabaru. Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

 

 

 

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Jigsaw, Teams Games Tournament dan Talking Stick

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas peserta didik di kelas 4 SDN 1 Lalapin dalam kegiatan pembelajaran IPS, kurangnya motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar belum mencapai KKM > 70. Peserta didik seharusnya memiliki sikap ilmiah yang terdiri dari kegiatan menggali informasi melalui pengembangan kemampuan bertanya, aktif dalam kegiatan dan menganalisis infomasi yang diberikan, mengolah dan menyajikan hasil informasi. Pada kenyataannya banyak peserta didik yang masih belum terlatih dalam menggali informasi melalui pertanyaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hanya beberapa peserta didik saja yang memiliki keberanian dalam bertanya.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah berjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas 4 SDN 1 Lalapin Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru. Teknik pengumpulan data didapatkan dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar pada setiap akhir pertemuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang melaporkan keadaan sebenarnya dilokasi penelitian mengenai Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Model Jigsaw, Teams Games Tournament dan Talking Stick Siswa Kelas 4 SDN 1 Lalapin Kabupaten Kotabaru. Subjek penelitian ini siswa kelas 4 SDN 1 Lalapin Kabupaten Kotabaru yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada semester II tahun 2020/2021. Data kualitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dapat dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 memperoleh skor 26 kriteria baik, siklus 1 pertemuan 2 memperoleh skor 30 kriteria sangat baik, siklus 2 pertemuan 1 memperoleh skor 32 kriteria sangat baik, dan siklus 2 pertemuan 2 memperoleh skor 35 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup aktif, siklus 1 pertemuan 2 memperoleh kriteria aktif dan siklus 2 pertemuan 1 dan siklus 2 pertemuan 2 memperoleh kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memperoleh persentase klasikal 41%, siklus 1 pertemuan 2 memperoleh persentase klasikal 59%, siklus 2 pertemuan 1 memperoleh persentase klasikal 76% dan siklus 2 pertemuan 2 memperoleh persentase klasikal 94% dengan kriteria tuntas. Pada siswa kelas 4 di SDN 1 Lalapin Kabupaten Kotabaru dinyatakan telah berhasil dikarenakan terjadi peningkatan disetiap pertemuannya dan telah mampu mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan peneliti secara klasikal.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw, Teams Games Tournament dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran IPS di kelas 4 untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI