DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS XI SMKN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


ABSTRAK

 

 

 

Rifani, Muhammad. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas XI SMKN 4 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, menulis cerpen

 

Pembelajaran menulis cerpen merupakan salah satu pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kegiatan menulis dengan hasil akhir berupa tulisan naratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan RPP dan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen di Kelas XI Boga 1 SMKN 4 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kajian dan analisis terhadap data penelitian berupa rancangan pelaksanaan pembelajaran yang sudah dimodifikasi.

Data-data tertulis dalam penelitian ini ialah  hasil wawancara dengan pendidik. Data pada penelitian ini berupa RPP yang sudah dimodifikasi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen kelas XI Boga 1 SMKN 4 Banjarmasin dilaksanakan secara daring, menggunakan RPP khusus, dan terdapat tiga tahap kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Aplikasi yang digunakan saat pembelajaran daring, yaitu Google Classroom, Google Meet, Zoom, Google Document. Modelpembelajaran yang digunakan ialah model pembelajaran berbasis masalah. Media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran menulis cerpen ialah Power Point. Metode pembelajaran yang digunakan ialah metode ceramah dan tanya jawab.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI