DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:ANGGRAINI FAJRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


 

ABSTRAK

Anggraini Fajriyah, 1720422320003, 2021 “Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut”. Program Studi Magister Administrasi Pembangunan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Prof. Dr. H. Asmu’i, M.Si. sebagai Pembimbing I,  Dr.  Mahyuni, S.Sos, M.AP sebagai Pembimbing II.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Pariwisata, Pantai Takisung

 

Kabupaten Tanah Laut adalah kabupaten kedua terluas di Kalimantan Selatan yang berdasarkan lokasi geografisnya, memiliki potensi kekayaan alam dan warisan budaya yang beragam.  Potensi dan peluang ini pula yang mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut untuk melakukan promosi dengan mengembangkan sektor pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi lokal. Objek wisata yang paling besar potensi untuk dikembangkan adalah objek wisata Pantai Takisung yang berada di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut.

Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam strategi pengembangan objek wisata Pantai Takisung. 2) Mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan pariwisata Pantai Takisung agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan yang datang ke Pantai Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan fenomenologi dan paradigm konstruktif, sehingga diperoleh data yang lebih konfrehensif, valid, dan objektif.  Analisis data yang digunakan yaitu Analisis SWOT.  Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara serta pengumpulan data dari database Dinas pariwisata Kabupaten Tanah Laut dan studi kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan analisis faktor internal dan faktor eksternal, sehingga stratregi yang akan ditempuh antara lain : 1). Mengoptimalkan penggunaan anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut untuk meningkatkan Brand Image Pantai Takisung. 2). Peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha wisata dan masyarakat sekitar objek wisata.  3). Meningkatkan daya tarik objek wisata Pantai Takisung melalui melalui media cetak, media sosial dan media elektronik.  4). Memanfaatkan kerjasama pengelola dan masyarakat sekitar serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat sehingga membuka peluang lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat serta memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 5). Meningkatkan kerjasama dengan pihak keamanan, sehingga memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung wisata yang datang ke Pantai Takisung.

ABSTRAC

Anggraini Fajriyah, 1720422320003, 2021 "Strategy for Tourism Development of Takisung Beach, Takisung District, Tanah Laut Regency." Masters Program in Development Administration Postgraduate Program at Lambung Mangkurat University. Prof. Dr. H. Asmu'i, M.Si. as Advisor I, Dr. Mahuni, S.Sos, M.AP as Advisor II.

Keywords: Strategy, Tourism Development, Takisung Beach

Tanah Laut Regency is the second-largest district in South Kalimantan, which, based on its geographical location, has the potential for natural wealth and diverse cultural heritage. These potentials and opportunities also encourage the local government of Tanah Laut Regency to carry out promotions by developing the tourism sector, which aims to improve the local economy. The tourism object with the greatest potential to be developed is the Takisung Beach tourist attraction located in Takisung District, Tanah Laut Regency.

This study aims to: 1) Determine the factors that are the drivers and obstacles in developing the Takisung Beach tourist attraction. 2) Knowing and analyzing how the tourism development strategy of Takisung Beach is to increase the number of tourist visitors who come to Takisung Beach, Takisung District, Tanah Laut Regency.

This researcher uses qualitative methods based on phenomenology and a constructive paradigm to obtain more comprehensive, valid, and objective data. The data analysis used is the SWOT analysis. Data are collected through observation, interviews, and data collection from the Tanah Laut Regency Tourism Office database and literature study.

The results showed that based on the analysis of internal and external factors, the strategies that will be taken include: 1). Optimizing the use of the budget from the Tanah Laut Regency Government to improve the Brand Image of Takisung Beach. 2). Increasing the capacity of human resources for tourism business actors and the community around tourist objects. 3). Increasing the attractiveness of the Takisung Beach tourist attraction through print media, social media, and electronic media. 4). Utilizing the cooperation of managers and the surrounding community and increasing community empowerment to open up job opportunities, improve the local community's income, and contribute to Regional Original Income (PAD). 5). Increase cooperation with the security forces, thus providing security and comfort guarantees for tourists to Takisung Beach.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI