DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:SELVIRA ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


ABSTRAK

Anggraini, Selvira. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar Keliling dan Luas Bangun datar Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Snowball Throwing Berbantuan Media Geoboard Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas belajar siswa, Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Geoboard.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN Tamban Muara 2. Dikarenakan siswa kurang terlibat langsung saat pembelajaran, pembelajaran bersifat satu arah, tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang aktif. Karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, serta meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Snowball Throwing Berbantuan Media Geoboard.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 13 orang. Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 26 meningkat pada pertemuan 4 menjadi 36 dengan kriteria sangat baik. Disebabkan guru selalu melaksanakan refleksi setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh 38,5% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteriaSebagian Besar Siswa Sangat Aktif. Dikarenakan siswa dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga mampu berpikir kritis. Hasil belajar siswa pertemuan 1 kognitif 54%, afektif 62%, psikomotorik 46% meningkat pada pertemuan 4 kognitif 100%, afektif 100%, dan psikomotorik 100%. Disebabkan meningkatnya kualitas guru yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model kombinasi model Group Investigation, Snowball Throwing berbantuan Media Geoboard dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model kombinasi model Group Investigation, Snowball Throwing berbantuan Media Geoboard dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI