DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DILENGKAPI DENGAN MODEL WORD SQUARE/SCRAMBLE PADA MUATAN PPKn TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:DIANA MUSLIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


ABSTRAK

Muslimah, Diana. 2021. Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI)dan Numbered Heads Together (NHT)Dilengkapi Dengan Model Word Square/Scramble Pada Muatan PPKn Tema Kayanya Negeriku di Sekolah Dasar Negeri. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Analisisis Komparatif, Group Investigation, Numbered Heads Together, Word Square, Scramble.

 

Permasalahan penelitian adalah pembelajaran di dalam kelas memang cenderung pasif, minimnya penggunaan model dan pembelajaran hanya bersifat satu arah sehingga hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk membantu memecahkan masalah tersebut, seyogyanya dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang langsung dilakukan di kelas pada saat pembelajaran. Namun hal ini tidak mungkin dilakukan karena pembelajaran tatap muka di semua sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu ditutup, sehingga pembelajaran berlangsung melalui sistem daring/dalam jaringan. Hal ini sebagai dampak dari Covid-19 yang masih tinggi di Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan demikian untuk melakukan penelitian dalam rangka membantu sekolah tersebut maka dilakukan penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan dengan meneliti dua buah skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki permasalahan yang mirip-mirip dengan permasalahan di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Kemudian setelah mencermati sekian banyak skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di perpustakaan, peneliti mendapatkan dua buah skripsi yang ditulis oleh Dina Haudah dan oleh Agustina Nurul Safitri. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan menganalisis perbandingan penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dilengkapi dengan model Word Square/ Scramble pada lokasi dan pembelajaran yang berbeda.

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, persamaan dan perbedaan aktivitas guru, persamaan dan perbedaan aktivitas siswa, persamaan dan perbedaan hasil belajar siswa, serta kelebihan dan kekurangan dalam penerapan kombinasi Group Investigation dan Numbered Heads Together dilengkapi dengan model Word Square/ Scramble pada dua buah hasil PTK yaitu oleh Dina Haudah (2019) dan Agustina Nurul safitri (2019).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan multi situs, sehingga dalam menganalisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis komparatif data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT)dilengkapi dengan model Word Square/Scramble dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kedua buah skripsi. Pada skripsi Dina Haudah aktivitas guru mendapatkan skor 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 88% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif siswa mendapatkan persentase klasikal 83% dengan kriteria sangat baik.Pada skripsi Agustina Nurul Safitri aktivitas guru mendapatkan skor akhir maksimal yaitu 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 93% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitifsiswa mendapatkan pernsentase klasikal 90%dengan kriteria sangat baik.

Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas siswa skripsi 2 lebih baik dibandingkan skripsi 1. Hasil belajar ranah kognitif skripsi 2 lebih baik dibanding skripsi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI