DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MAKE A MATCH DI KELAS IV UPTD SDN TANJUNG DEWA TANAH LAUT
PENGARANG:HUSNUL HUMAIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


 

 

Humairah, Husnul. 2021. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Gaya Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing Dan Make A Match Di Kelas IV UPTD SDN Tanjung Dewa Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Gaya, Inkuiri Terbimbing dan Make A Match

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Tanjung Dewa Tanah Laut materi gaya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir ilmiah, siswa hanya belajar mengingat dan menghafal, serta siswa belum terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi ini terjadi karena pembelajaran bersifat satu arah, belum melibatkan siswa dalam proses berpikir imiah, siswa belum terlibat langsung dalam kegiatan menemukan, dan pembelajaran hanya bersifat menghafal. Diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing dan Make A Match karena diyakini dapat memfasilitasi siswa dalam memecahkan suatu pemasalahan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

            Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian yakni siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2020/2021 di UPTD SDN Tanjung Dewa Tanah Laut dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru, siswa dan soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis data berupa frekuensi, persentase dan deskripsi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 80% siswa mendapatkan nila ≥70.

            Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri Terbimbingdan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan kepada guru agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada meteri gaya menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan Make A Match.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI