DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI MARABAHAN
PENGARANG:ERNIDA RAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


ABSTRAK

 

Rayani, Ernida. 2021.  Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak  dengan Hambatan Intelektual. Skripsi.Program S1 Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2020 /2021. Pembimbing I Dr. Ali Rachman, M.Pd. Pembimbing II Septi Aryanti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian, Anak dengan Hambatan Intelektual.

Kemandirian merupakan hal yang penting bagi setiap anak, tak terkecuali bagi anak dengan hambatan intelektual, kemandirian tentunya dipengaruhi oleh pola asuh dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pola asuh apa yang diberikan oleh masing-masing orang tua (ibu) terhadap kemandirian anak dengan hambatan intelektual. 2) Usaha apa yang dilakukan oleh masing-masing orang tua (ibu) dalam membentuk kemandirian pada anak dengan hambatan intelektual. 3).Faktor apa saja yang menghambat orang tua dalam membentuk kemandirian anak dengan hambatan intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah orang tua (ibu) yang memiliki anak dengan hambatan intelektual. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) pola asuh yang diberikan masing-masing orang tua yang memiliki anak dengan hambatan intelektual berbeda, dimana pola asuh yang digunakan orang tua dari RS mengarah kepada pola asuh permisif, pola asuh yang digunakan orang tua dari PTML mengarah kepada pola asuh demokratis, dan pola asuh yang digunakan orang tua MY mengarah ke pola asuh otoriter. 2) Usaha yang dilakukan oleh masing-masing orang tua dalam membentuk kemandirian anak hampir sama yaitu dengan menyuruh anak dan memberinya contoh. 3).Faktor yang menghambat masing-masing orang tua dalam membentuk kemandirian anak juga hampir sama, yakni dimana orang tua atau kesulitan dalam membentuk kemandirian anak pada hambatan intelektual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI