DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA LOKAL MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN OLEH DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:Norlia Kurniawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


ABSTRAK

Norlia Kurniawati, D1B115085, 2021: “Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal Melalui Pendidikan dan Pelatihan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas”. Dibawah bimbingan Mahyuni. Bapak Fadly selaku dosen penguji I dan Bapak Husein Abdurrahman selaku dosen penguji II.

   Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pemberdayaan tenaga kerja lokal melalui pendidikan dan pelatihan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas. Kemudian dideskripsikan dan dianalisis dari aspek, masukan sarana, masukan mentah, masukan lingkungan, proses, keluaran, masukan lain, dan pengaruh.

   Mencapai tujuan dari penelitian menggunakan metode kuantitatif sedangkan untuk mengarahkan dan menganalisis alat ukur data yang digunakan ialah data interval. Yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala likert. Variabel penelitian ini adalah pemberdayaan tenaga kerja lokal melalui pendidikan dan pelatihan. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, sedangkan teknik analisis parsial dan teknik analisis total keseluruhan.

   Hasil penelitian yang dideskripsikan dari 20 pertanyaan kemudian dihitung secara persial yaitu dengan menghitung setiap indikator yang terbagi dalam sejumlah pertanyaan, kemudian digolongkan pada tujuh; dimensi yang berada pada kelas kategori baik denganhasilpresentase keseluruhan 78%, didukung dengan beberapa dimensi. Pertama,masukan sarana yang meliputikeseluruhansumberdanfasilitas yang menunjangkegiatanbelajarmasukdalamkategorisangatbaik. Kedua masukan mentahyang meliputipesertapelatihandenganberbagaikarakteristiknyamasukdalamkategorisangatbaik. Ketiga, masukan lingkungan yang meliputifaktorlingkungan yang menunjangpelaksanaankegiatanmasukdalamkategoribaik. Keempat, prosesmerupakankegiataninteraksiedukatif yang terjadidalampelaksanaankegiatanpelatihanantarasumberbelajardenganpesertapelatihanmasukdalamkategoribaik. Kelima, keluaranyaitululusan yang telahmengalami proses pembelajaranpelatihanmasukdalamkategoribaik. Keenam, masukan lain yaitudayadukungpelaksanaanpelatihanmasukdalamkategoribaik.Ketujuh,pengaruhyaituberhubungandenganhasilbelajar yang dicapaiolehpesertapendidikan dan pelatihanmasukdalamkategoribaik.

Saran untuk Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas, kinerja yang sudah dilaksanakan dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar tenaga kerja lokal memiliki kesempatan yang sama dalam mengikuti pemberdayaanpendidikan dan pelatihan. Selanjutnya untuk masyarakat agar meningkatkan minat dalam mengikuti kegiatan.

 

Kata Kunci: pemberdayaan,pendidikan,pelatihan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI