DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING, MIND MAPPING, DAN COURSE REVIEW HORAY DI SDN TAMBAN MUARA 1 BARITO KUALA
PENGARANG:RIDHA FAHRIDHAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


Fahridhawati, Ridha. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, dan Course Review Horay di SDN Tamban Muara 1 Barito Kuala”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, Course Review Horay.
Beragam tantangan dan perubahan yang dihadapi saat ini di era society 5.0, dalam menghadapi era society 5.0 dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama penyiapan peserta didik yang memiliki kompetensi kecakapan abad 21 dalam rangka menghadapi tantangan hidup era society 5.0. Permasalahan penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam berpikir kritis dan berpikir ilmiah tergolong rendah, suasana pembelajaran yang membosankan, serta tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui empat kali pertemaun, terdiri dari tahapan perencaaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi analisis dan cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dari pertemuan 1 dengan kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 42%, pertemuan II memperoleh 58%, pertemuan III mencapai 83%, dan pertemuan IV mencapai 100%. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I aspek kognitif memperoleh 42%, aspek afektif 42%, aspek psikomotorik 42%. Pertemuan II aspek kognitif 58%, aspek afektif 75%, dan aspek psikomotorik 67%. Pertemuan III aspek kognitif 75%, aspek afektif 83%, dan aspek psikomotorik 83%. Pertemuan IV aspek kognitif 100%, aspek afektif 100%, dan aspek psikomotorik 100%.
Berdasarkan penelitian ini maka kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran guna meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI