DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Bersaing Stasiun I-Radio Banjarmasin
PENGARANG:Hery Saputra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-08


 

 

ABSTRAK

Hery Saputra, 2021. Strategi Bersaing Stasiun I-Radio Banjarmasin di Jalan           Gatot Subroto II nomor 1 Banjarmain. Skripsi Program Studi    Pendidikan Sosiologi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas             Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat   Banjarmasin. Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih. (II) Reski P.

Kata Kunci: Strategi, Persaingan, Komunikasi Massa

Interaksi sosial dapat terjadi karena adanya kontak sosial yang dilakukan oleh dua belah pihak, yang kemudian akan terjadinya komunikasi langsung atau tidak langsung. Salah satu komunikasi tidak langsung ialah komunikasi yang dilakukan penyiar radio saat melakukan siaran pada khalayak luas. Salah satu staisun radio yang ada di Banjarmasin adalah Stasiun I-Radio Banjarmasin, meskipun tergolong baru hadir di Banjarmasin apabila dibandingkan dengan para pesaingnya, Stasiun I-Radio Banjarmasin mampu tetap bertahan hingga kini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan Stasiun I-Radio Banjarmasin dalam memasarkan program acara dan menjelaskan bagaimana kendala yang dihadapi pihak Stasiun I-Radio Banjarmasin dalam memasarkan program acara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan di Stasiun I-Radio Banjarmasin di jalan Gatot Subroto II nomor 1 Banjarmasin, serta telah dipilih sebanyak tiga orang karyawan Stasiun I-Radio Banjarmasin sebagai informan yang di tentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya yang dilakukan Stasiun I-Radio Banjarmasin dalam memasarkan program acara adalah (a) merambah ke media sosial untuk sarana promosi, (b) bekerjasama dengan pihak lain (c) membuat event di program acara (d) menyajikan berita terbaru; (2) Kendala yang dihadapi Stasiun I-Radio Banjarmasin dalam memasarkan program acara yaitu (a) kesulitan menambah pendengar,(b) progran acara yang sering diganti dan (c) program acara yang kurang dikenal

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi pihak Stasiun I-Radio Banjarmasin: (1) agar tetap menjalin kerjasama dengan pihak lain agar tetap kompak dan bisa selalu saling mendukung satu sama lain. (2) diharapkan terus mendukung memberikan dukungan untuk industri musik Indonesia. (3) diharapkan mampu terus meningkatkan kualitas staisun I-Radio Banjarmasin secara keseluruhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI